Tempat Pelancongan di Jakarta yang Murah Wajib untuk dilawati

Ibukota kita, Jakarta selain merupakan pusat pemerintahan, perdagangan, dan memiliki beberapa universitas yang terkenal, juga merupakan tempat tujuan wisata yang menjadi magnet kuat terutama bagi para penduduk di wilayah di luar ibukota. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Jakarta di musim liburan ini, berikut ini adalah tempat- tempat wisata di jakarta yang wajib dikunjungi dan banyak direkomendasikan.

Tempat wisata di jakarta yang paling populer


Monumen Nasional

Banyak orang mengatakan bahwa kita belum ke Jakarta kalau tidak mengunjungi monas alias Monumen Nasional. Ikon kota Jakarta yang paling populer ini juga sekaligus sebagai museum yang menyimpan koleksi berupa diorama perjuangan bangsa Indonesia melepaskan diri dari penjajahan, termasuk naskah teks proklamasi yang otentik. Atraksi yang paling menarik dari wisata favorit Jakarta ini adalah naik ke Puncak Monas untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian.

Monumen-Nasional-Wisata-Jakarta
Monumen Nasional
Taman Impian Jaya Anco

Walaupun belum pernah berkunjung secara langsung ke taman rekreasi Ancol, tetapi tentu sudah pernah mendengar namanya. Di taman wisata ini terdapat berbagai wahana permainan sekaligus 5 buah pantai yang sangat indah. Pantai-pantai tersebut adalah Pantai Indah, Pantai Ria, Pantai Elok, Pantai Festival, dan Carnival Beach Club. Satu obyek wisata lagi yang juga banyak dikunjungi pada lokasi wisata ini adalah danau Indah.

Taman-Impian-Jaya-Ancol
Taman Impian Jaya Anco
Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau Dufan adalah wahana bermain yang sangat megah dan dibangun sejak tahun 1986. Di sini Anda bisa mencoba beragam wahana permainan dengan teknologi tinggi yang menantang adrenalin seperti Tornado, Niagara, Kora-Kora, dan masih banyak lainnya. Hingga saat ini, obyak wisata yang terkenal ini masih merupakan arena permainan outdoor yang paling besar di tanah air.

Dunia-Fantasi-Wisata-Jakarta
Dunia Fantasi
Gelanggang Samudra

Tempat wisata Jakarta, Gelanggang Samudra yang pasti akan disukai oleh putra-putri Anda ini masih berada di kawasan Ancol. Sambil bermain, pengunjung juga akan mendapatkan nuansa liburan edukatif dengan tersedianya fasilitas edutainment theme park. Di sini para pengunjungboleh berinteraksi lebih dekat dengan beragam satwa laut seperti anjing laut, lumba-lumba, paus putih, dan masih banyak lagi lainnya.

Gelanggang-Samudra
Gelanggang Samudra

Pasar Seni

Bila Anda adalah pecinta seni serta kerajinan atau kolektor benda-benda seni, berarti obyek wisata yang harus Anda kunjungi saat ke Jakarta adalah Pasar Seni Ancol. Tempat wisata ini didirikan atas prakarsa dari Ancol dan para seniman di ibukota. Di sini wisatawan dapat mengunjungi Galeri Pameran, Panggung Pertunjukan dan Toko Cinderamata.

Pasar-Seni-Ancol
Pasar Seni
Pelabuhan Marina

Pelabuhan Marina atau yang sering juga disebut Marina Bay adalah dermaga kapal pesiar pertama di Indonesia dengan gaya modern dan paling lengkap yang dibandung pertama kali di tanah air. Selain berfungsi sebagai dermaga, obyek wisata ini juga merupakan pusat wahana permainan dan olahraga air seperti jet ski, wind surfing, atau diving.

Pelabuhan-Marina
Pelabuhan Marina
Pulau Bidadari

Banyak penduduk di sekitar Jakarta yang menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga di Pulau Bidadari. Tempat wisata di jakarta yang satu ini memiliki cottages dengan berbagai fasilitas yang cocok untuk bersantai melepaskan penat akibat beban kerja setiap hari. Atraksi wisata yang dapat Anda lakukan di lokasi ini adalah berenang bersama ikan lumba-lumba yang cerdas. Selain itu, terdapat juga restoran dan toko suvenir.

Pulau-Bidadari
Pulau Bidadari
Atlantis Water Adventure

Bermain air selalu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Bila ingin membawa buah hati Anda untuk berlibur dengan wahana-wahana permainan air, Anda bisa mengunjungi Atlantis Water Adventure. Di sini Anda dan buah hati bisa mencoba fasilitas 13 jenis wahana permainan air dan 8 kolam renang utama, juga wahana yang menantang adrenalin Crazy Highest Longest Slide.

Atlantis-Water-Adventure
Atlantis Water Adventure
Ocean Ecopark

Tempat wisata Jakarta Ocean Ecopark selain merupakan destinasi berlibur juga sering menjadi lokasi konser artis-artis lokal maupun mancanegara. Aktifitas berlibur favorit di lokasi wisata ini adalah memancing. Di sini Anda bisa memancing hanya dengan membayar harga tiket sebesar 25 ribu dan mendapat fasilitas alat pemancing beserta umpannya.

Ocean-Ecopark
Ocean Ecopark
Pulau Tidung

Anda bisa mengunjungi Pulau Tidung bila ingin “melarikan diri” sebentar dari hingar-bingarnya ibukota. Pantai di kawasan Pulau Tidung bahkan dikatakan tak kalah indah dengan pantai-pantai di Pulau Dewata atau Lombok. Di sini Anda dan keluarga dapat menikmati liburan pantai dengan menyaksikan matahari terbenam atau terbit, mencoba permainan air, atau cukup berjalan-jalan menyusuri pantai yang indah.

Pulau-Tidung
Pulau Tidung
Gedung Arsip Nasional

Selain menawarkan tempat wisata bernuansa alam atau permainan, di Jakarta Anda juga bisa mengunjungi Gedung Arsip Nasional bila lebih berminat pada liburan dengan menelusuri jejak sejarah bangsa. Di obyek wisata yang dahulu bekas kediaman Gubernur Jendral VOC ini Anda dapat melihat-lihat koleksi yang berhubungan dengan perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Gedung-Arsip-Nasional
Gedung Arsip Nasional

Kebung Binatang Ragunan

Tanah air kita memiliki kekayanan fauna yang luar biasa dan sebagian dari ragam fauna Indonesia dapat Anda saksikan di Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Selain itu, terdapat pula koleksi hewan yang berasal dari luar negeri. Pada lokasi wisata dengan luas 140 hektar tersebut Anda akan dapat melihat secara langsung keunikan dan eksotisnya hewan-hewan liar yang tentu tak kita temui sehari-hari. Kebun binatang ini juga merupakan tempat wisata favorit Jakarta yang menjadi tradisi untuk dikunjungi di hari lebaran.

Kebung-Binatang-Ragunan
Kebung Binatang Ragunan
Jembatan Kota Intan

Destinasi wisata Jembatan Kota Intan yang terletak di kota tua di sudut ibukota Jakarta adalah lokasi yang populer sebagai pusat beragam aktifitas yang berhubungan dengan sejarah dan observasi budaya. Jembatan tua yang dibandung di tahun 1600-an ini juga sering menjadi obyek yang diabadikan oleh para fotografer dan lokasi yang populer sebagai pengambilan foto pre wedding.

Jembatan-Kota-Intan
Jembatan Kota Intan
Museum Fatahillah

Nama pahlawan Fatahillah tentu sudah sangat lekat dengan ibukota Jakarta. Di museum yang terletak di Jakarta Barat ini Anda akan dapat menelusuri jejak sejarah sang Pahlawan termasuk perjalanan sejarah kota Jakarta. Selain bernama Museum Fatahillah, tempat wisata ini juga sering disebut sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia.

Museum-Fatahillah
Museum Fatahillah
Masjid Istiqlal

Obyek wisata terakhir yang direkomendasikan bagi Anda yang hendak berlibur di Jakarta adalah wisata religi Masjid Istiqlal. Di tempat ibadah yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara ini memiliki bentuk arsitektur Islam modern berupa bentuk-bentuk geometri sederhana tetapi tetap elegan berupa persegi, kubus, dan kubah bola raksasa. Hal ini tentu semakin menampilkan kesan megah pada tempat ibadah monumental ini. Arti kata Istiqlal sendiri adalah merdeka yang menginspirasi pembangunan masjid kenegaraan ini. Lokasi dibangunnya masjid ini juga cukup bersejarah, yaitu di Taman Wilhemina yang merupakan bekas reruntuhan benteng Belanda.

Masjid-Istiqlal
Masjid Istiqlal
Demikianlah tempat- tempat wisata di jakarta yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan di musim liburan. Sebaiknya, Anda melakukan reservasi untuk transportasi dan akomodasi agar rencana liburan Anda tak terganggu karena tak kebagian tiket atau kamar hotel. Selamat berlibur!